Latest News

ALTERNATOR / DINAMO AMPERE DAN FUNGSINYA PADA KENDARAAN



ALTERNATOR / DINAMO AMPERE DAN FUNGSINYA PADA MOBIL/ KENDARAAN , Alternator atau orang bengkel menyebutnya dinomo amper adalah alat kelengkapan kendaran yang mempunyai fungsi memberikan atau sebagai sumber arus listrik yang diperlukan pada kendaraan. Alternator atau dinomo ampere menghasilkan arus listrik untuk kebutuhan kendaraan dan disimpang di baterray / aki sebagai cadangan .







 Alternator / dinamo ampere  terdiri dari stator ( yang berisi dengan kumparan) rotor juga kumparan yang  berputar didalam rumah, rumah ,rectifier ( diode silicon) dan sikat-sikat. Alternator bekerja ketika mesin kendaraan menyala menghasilkan arus listrik bolak –balik kemudian diubah menjadi arus listrik searah oleh rectifier (diode silikon)kemudian sebagain disimpan di baterrai /aki dan sebagain di distribusikan kekomponen lainnya.

Di bawah ini gambar alternator / dinamo ampere terpasang pada kendaraaan dan  komponen alternator yang dilepas


                             








a.     Puley alternator
b.      Kipas
c.      Bearing
d.     Tutup alternator
e.     Bearing
f.       Ring
g.     Rotor
h.     Stator
i.        Sikat- sikat / brush
j.        Rectifier
k.     Tutup belakang

Alternator / dinamo ampere  juga memerlukan perawatan agar tidak terganggu kerjanya , beberapa gangguan dari alternator / dinamo ampere dikarenakan komponen yang sudah aus misalnya sikat / brush yang telah habis, retifier /diode rusak sehingga arus listrik tidak bisa diubah dari arus listrik bolak balik menjadi  searah atau arus listrik tidak bisa keluar.

Demikian tulisan tentang  alternator / dinamo ampere dan fungsinya  ,semoga bermanfaat .


0 Response to "ALTERNATOR / DINAMO AMPERE DAN FUNGSINYA PADA KENDARAAN"