Latest News

CARA MEMERIKSA DAN PERAWATAN BATERAI /AKI



CARA MEMERIKSA DAN PERAWATAN BATERAI / AKI, Baterei /aki adalah komponen kelistrikan yang sangat penting untuk kendaran bermotor, baterai memerlukan perawatan dan pengecekan/ pemeriksaaan yang rutin /berkala agar awet . baterai yang kurang perawatan akan sering rusak dan menggangu kerja kendaraan. Adapun pemeriksaaan dan perawatan yang harus dilakukan antara lain:
Pemeriksaan visual yaitu pemeriksaan meliputi :


1.     Memeriksa elektrolit /cairan baterai

Pemeriksaan elektrolit harus sering dilakukan minimal 2 minggu sekali bila kendaraan sering digunakan. Tambahkan elektrolit bila kurang dari .kotak baterai yang bening memudahkan pengamatan, penambahan cairan elektrolit jangan sampai lebih dari tanda upper level .agar tidak tumpah dan memnyebabkan keropos pada dudukan aki/ baterai ,sedangankan batas bawah di tandai dengan lower level , cairan elaktrolit jangan kurang dari batas bawah nanti bila kehabisan akan menyebabkan kerusakan pada se-sel baterai.



             




2.     Pemeriksaaan permukaan baterai

Permukaan baterai harus tetep bersih,lakukakn pembersihan yang melekat pada permukaan baterai karena dapat menyebabkan terjadinya hubungan antar kutub baterai. Karat –karat yang melekat  di kutub baterai harus di bersihakan karena dapt menghalangi pengeluaran arus listrik, bersihkan karat /terak pada kutub dan jepitannya dengan air hangat atau minyak pembersih gunakan sikat lembut untuk menggosak .


3.     Memeriksa jepitan pada kutub baterai
Jepitan harus rapat tidak boleh kendor karena dapat mengakibatkan terbakarnya kutub apabila terjadi pengeluaran arus besar saat menghidupkan motor stater. Kalo jepitan kendor juga bisa tidak kuat memutar motor strater dan untuk sisitim penerangan.


4.     Memperlakukan kutub baterai dengan hati- hati.
Kutub baterai  tidak tahan terhadap getarn atau pukulan ,maka jangan sampai memukul –mukul saat melepas dan memasang jepitan baterai.

5.     Memeriksa dudukan baterai
Baterai harus terikat kuat pada dudukanya untuk mencegah benturan yang menyebakan kerusakan baterai .

Pemeriksaaan / pengecekan kapasitas baterai:

Dalam pemeriksaan ini menggunakan alat yang bernama baterai tester bentuknya seperti temak ujungnya lancip ,cara pengujianya : kabel pada beterai tester jepitkan pada kutup (-) baterai  , kemudian ujung yang satunya ( +) hubungkan dengan kutup (+) pada baterai , tetapi Ingat : ujung beterai tester di tempelkan pada kutub (+)  baterai hanya 3- 4  detik jangan sampai lebih bisa menyebabkan kerusakan pada sel bateray.








Di baterai tester ada tanda yang menunjukan kapasitas beterai yaitu dengan warna :
a.     warna biru menunjukan kapasitas baterai baik
b.      warna merah menunjukan kapasitas baterai cukup
c.      Warna kuning menunjukan kapasitas baterai kurang.


Memeriksa tegangan baterai

 Pemeriksaan ini menggunakan alat yaitu Avo meter caranya :terminal (+) pada baterai di hubungkan dengan kabel + avo meter dan terminal (- ) pada beterai di hubungkan dengan kabel( –) avo meter. Ingat waktu menempelkan kabel ini juga tidak boleh terlalu lama sekitar 3 -4 detik.




 Tegangan baterai yang baik 12 ,81 vol dan yang lemah dibawah 12 volt.



Memeriksa berat jenis baterai

Memeriksa berat jenis baterai mengunakan alat Hidrometer  caranya : buka tutup sel baterai kemudian ujung hidrommeter yang terbuat dari karet dimasukan sel baterai kemudian bagaian atasanya di pencet dan dilepas untuk menghisap cairan elektrolit masuk ke hidrometer kemudian didalam hidrometer ada Aerometer yang mengukur berat jenis baterai.



                                  




Ada angka –angka yang dapat dibaca di aerometer dan warna –warna yang menunjukkan kondisi berat jenis baterai:

a.     Warna hijau menunjukan berat jenis bagus
b.      Warna kuning menunjukan berat jenis kurang bagus
c.       Warna merah menunjukan berat jenis sangat kurang.


NO
Berat jenis elektrolit
Kapasitas baterai %
1
1,26 -1,28
100%
2
1,230
75%
3
1,190
50%
4
1,145
25%
5
1,000
0

 Kemudian lakukan charger atau setrom pada baterai selama beberapa jam dan lakuakn tes berat jenis kapasitas dan voltase / tegangannya , bial tidak ada perubahanya berarti sel sel baterai sudah mulai rusak dan segera dilakukan pengantian.


Demikian tentang  Baterai ,pengujian ,pemeriksaaan dan perawatannya .semoga artikel ini bermanfaat.


1 Response to "CARA MEMERIKSA DAN PERAWATAN BATERAI /AKI "

  1. GOLDENQQ.COM - Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker online | Agen BandarQ
    Bandar Poker Online Terpercaya
    Bandar Poker Online
    Agen Poker Online
    Poker Online Terpercaya
    Poker Uang Asli
    Agen BandarQ Online
    Agen BandarQ
    Agen Domino Online
    GOLDENQQ adalah sebuah website Bandar Poker Online Terpercaya serta terbaik dan juga Poker Online Terpercaya, Sebagai partner Agen Poker Online Terpercaya dan Agen BandarQ Online Terbaik. Goldeqq Juga sebagai website Agen BandarQ dan Agen Domino Online yang menyediakan games-games terbaik buat anda. Minimal Deposit dan WD sangat terjangkau hanya 20 Rb anda sudah bisa bermain Poker Uang Asli
    Ayo Segera Gabung Dan Mainkan Sekarang Juga Di GOLDENQQ

    BalasHapus