Latest News

KONSTRUKSI BATERAI /AKI DAN FUNGSINYA PADA KENDARAAN



KONSTRUKSI BATERAI / AKI DAN FUNGSINYA PADA KENDARAAN, Baterai / aki juga disebut accu adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang sangat penting . fungsi baterai/ aki pada kendaraan antara lain:


         


                                        Gb. 1  baterai / aki  pada mobil

Untuk menyimpang sumber tenaga listrik secara kimiawi. Pada kendaraan sumber listrik ini digunakan untuk memberikan aliran listrik pada motor starter untuk memutar mesin,membuat stabil tegangan pada sisitim kelistrikan kendaraan.


Konstruksi baterai /aki ( bagain –bagain dari baterai /aki):

1.     Kotak baterai : terbuat dari ebonit / damar sintetis yang berfungsi sebagai penampung cairan elektrolit dan tempat sel.

2.     Inti penyambung ( penghubung ) berfungsi untuk menghubungkansel-sel secara seri, sehingga tegangan yang timbul sama dengan jumlah tegangan tiap sel.

3.     Terminal : ada 2 buah terminal yaitu terminal  positif (+) dan terminal negatif (- ). Terminal (+) positif dihubungkan denganplat positif baterai dan terminal (-) dihubungkan dengan  plat negatif  yang dipasang sebelah –menyebelah yang dipisahkan oleh separator. Plat tersebut terbuat dari timah hitam atau campuran timah hitam dengan antimon dan ditambahkan bahan aktif sehingga daya penyimpanan bertambah.

4.     Plat positif (+) plat ini ditutup dengan serat gelas agar tidak mudah membentuk gumpalan-gumpalan dan bahan aktif pada plat ini tidak tahan dengan getaran.

5.     Plat negatif  : plat negatif dibuat lebih banyak sehingga merupakan kumpulan plat-plat tipis

6.     Lubang ventilasi berguna untuk mengalirkan udara keluar pada saat pengisisan

7.     Serat gelas berfungi membungkus plat positif(+)

8.     Separator berfungsi untuk memisahkan antara palt positif(+) dengan plat negatif(-) ,separator terbuat dari bahan non konduktor agar tidak terjadi hubungan singkat bahan separator terbuat dari serat gelas ,kayu .






                                      Gb. 2  konstruksi baterai



Berikut ini reaksi baterai / aki ketika bekerja:

Ketika mesin akan bekerja atau mulai jalan, baterai /aki mengeluarkan arus listrik untuk memutar mator starter untuk memutar roda penerus / roda gila .sedangkan bila mesin telah jalan / hidup ,baterai menerima arus listrik dari dinamo ampere /alternator yang sudah diubah oleh rectifier dari arus bolak –balik menjadi searah.


Sedangkan reaksi kimianya sebagai berikut:

Pada saat baterai mengeluarkan arus listrik, maka terjadi reaksi antara SO4  didalam elektrolit dengan timah hitam pada plat negatip maupun positip ,akibatnya  timah hitam pada plat-plat menjadi PbSO4 dan elektrolit H2SO4 berangsur-angsur menjadi H2O sehingga berat jenisnya turn ,jika ditulis dalam rumus reaksi kimia sebagai berikut:

PbO2 +  2H2SO4 + Pb  ------- PbSO4 +  2H2O + PBSO4
( plat +) + (elektrolit) +(plat -) --------(plat+) +(air ) + (plat-)

Jika baterai sedang diisi ,maka arus listruk masuk melalui kutup positip jadi arahnya berlawanan dengan saat pengeluaran ,akibatnya reaksi kimia-nya juga sebaliknya ,pada saat pengisian baterai /aki SO4 akan terlepas dari plat-plat dan masuk kedalam elektrolit sehingga berat jenisnya menjadi naik. Jadi seperti:

PbS04  +  2 H2O +  PBSO4   --------  Pb O2  +  2H2SO4 + Pb
(plat+) +( air)+ (plat-) --------(plat +) +(elektrolit ) + (plat -)


Demikian sedikit tentang kontruksi baterai/aki dan fungsinya pada kendaraan. semoga bermanfaat.


0 Response to "KONSTRUKSI BATERAI /AKI DAN FUNGSINYA PADA KENDARAAN"